Apa Itu Source 2 Engine Yang Digunakan Dota 2 Reborn?

Rabu, 23 September 2015
Apa Itu Source 2 Engine Yang Digunakan Dota 2 Reborn? © Valve

Game.KapanLagi.com - Beberapa waktu lalu Valve baru saja merilis update besar Dota 2 yang diberi nama Reborn. Salah satu fitur utama yang dibawa oleh Dota 2 Reborn adalah engine baru yang bernama Source 2. Sebenarnya apa sih Source 2 engine itu?

Dota 2 kini ditenagai dengan Source 2 engine, platform pengembangan game terbaru buatan Valve untuk mengembangkan berbagai gamenya. Ini berarti pengembangan engine baru yang masih terus berjalan akan terus menerus meningkatkan kemampuan Dota 2. Source 2 termasuk teknologi untuk peningkatan kemampuan rendering, mengoptimalkan kinerja, konten dengan tingkat fidelity yang tinggi, dan lebih kaya, dan permainan yang lebih dinamis. Dan pengaruhnya pada Dota 2 Reborn adalah sebagai berikut.

1. Input Lebih Responsif

Dengan Source 2 secara langsung meningkatkan gameplay dengan mengurangi latensi antara ketika gamer memberikan command dan Hero langsung bereaksi dengan command tersebut. Valve telah mendesain ulang sistem input yang kini memungkinkan server untuk memproses klik mouse dan tekanan tombol langsung berubah menjadi aksi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Sistem Tiled Map

Tool authoring baru memungkinkan map atau peta pada Dota 2 dibuat menggunakan sistem tile, yang membuat authoring map baru lebih cepat dan mudah diakses. Sistem baru ini juga memungkinkan map baru, seperti permukaan Dessert, memiliki gaya visual yang sangat berbeda, untuk memastikan setiap variasi memiliki hal yang identik. Pemain dengan custom terrain yang berbeda dapat bermain bersama dengan pemain lain yang tidak menggunakannya, dan setiap pemain akan melihat versi map yang berbeda.

3. Peningkatan Kinerja

Source 2 dikembangkan untuk mendukung hardware yang lebih luas lagi, bahkan Dota 2 dengan Source 2 dapat berjalan dengan baik pada laptop dengan hardware "jadul". Dan secara bersamaan juga meningkatkan kinerja pada hardware komputer desktop yang paling baru untuk saat ini. Dota 2 menjadi lebih ramah, tidak membutuhkan PC atau laptop dengan hardware high end. Source 2 juga dikembangkan untuk mampu menjalankan PC dengan hardware yang paling baru. Engine ini dapat menggunakan semua core CPU, menggunakan OS 64-bit, dan juga mendukung standar grafis terbaru Direct3D 11 dan Vulkan.

 4. Multithreading & Streaming

Source 2 akan menggunakan semua CPU core yang tersedia untuk menyediakan pengalaman yang lebih lancar, dan menghilangkan semua lag selama gameplay. Dan juga, banyak konten game yang dapat distream secara background selama game tetap responsif. Jadi animasi, voice chat, musik dan lainnya tetap dapat berlanjut ketika game sedang loading.

5. Peningkatan Audio

Source 2 menggunakan sistem audio baru yang dapat memproses semua audio dalam kualitas penuh melalui semua pipeline. Voice chat kini juga memiliki kualitas yang lebih tinggi dan memiliki latensi yang lebih rendah dari sebelumnya. Pemrosesan audio dan voice juga menggunakan multi-threading untuk dapat berjalan di background.

6. Rendering

Renderer pada Source 2 berisi berbagai fitur baru dan juga berbagai peningkatan, memberikan creator kebebasan untuk membuat desain. Hal ini juga menghilangkan banyak kendala untuk membangun dunia dari Dota 2, memungkinkan desainer map menciptakan dunia yang tidak mungkin diciptakan melalui engine terdahulu. Engine baru ini juga mampu menghadirkan lebih banyak batch ke GPU, bahkan ketika menggunakan versi lama dari API OpenGL dan Direct3D. Hal ini membuat lebih mudah untuk menciptakan dunia dengan lebih detil dan karakter yang lebih baik.

7. Physics

Source 2 juga menggunakan versi terbaru engine physics dan cloth simulation terbaru, yang mengimplementasikan kualitas yang lebih tinggi dan simulasi yang lebih stabil. Di masa mendatang, Source 2 yang lebih canggih dengan teknologi physics simulation akan digunakan untuk meberikan tenaga konten Dota 2 Custom Games.

8. Multiplatform

Source 2 termasuk dukungan natif terhadap OpenGL tanpa perlu warpper, meningkatkan kinerja, memory usage dan loading times pada platform lain. Dota 2 kini dapat dimainkan di Mac dan Linux, dimana Valve akan menyediakan client-nya segera setelah siap.

Suka artikel ini ?
KOMENTAR ANDA:

Berita Terkait

  lihat semua >

Apps Terbaru

  lihat semua >
TOP